Uji Kecepatan Read/Write UFD Flashdisk

Bingung pilih USB Flash Disk (UFD)?Ya, sekarang ini jenis dan merek UFD yang beredar di pasaran sangat beragam. Dari yang harganya murah sampai yang mahal (tergantung merek dan kapasitas) semua menawarkan kelebihan masing-masing.
Salah satu hal yang menjadi patokan dalam membeli UFD adalah kecepatan (read/write). Sebagai contoh untuk perbandingan disini menggunakan UFD Kingston Data Traveller 128 Mb, Nexus 256 Mb, dan Vandisk 4Gb. Ketiga Flashdisk ini saya tes dengan menggunakan software CrystalDiskMark 2.1. Metode pengujian ada 3 yaitu Sequential, 512K, dan 4K. Hasilnya adalah sbb :

1. UFD Kingston Data Traveller 128 Mb
Dari ketiga Flashdisk yang saya coba, punya kingston ini adalah yang paling lambat. Read/Write Transfer rate nya adalah terkecil dibanding lainnya.

Kingston 128 Mb


2. UFD Vandisk 4 Gb
Flashdisk ini banyak tersedia di pasaran dengan harga yang lumayan murah. Dulu saya beli flashdisk ini cuma asal beli aja. Belum tau kualitasnya. Karena penasaran maka flashdisk ini saya coba sekalian untuk perbandingan. Hasilnya memang lebih bagus dari Kingston, tetapi belum bisa mengalahkan hasil dari Nexus 256 Mb. Detailnya dapat diliat di gambar berikut.

Image and video hosting by TinyPic

3. UFD Nexus 256 Mb
Hasil lebih baik diperoleh Flashdisk Nexus. Read/write transfer rate sedikit lebih unggul daripada Vandisk 4 Gb. Hal ini berarti waktu yang dibutuhkan untuk transfer data dengan flashdisk ini akan lebih cepat.

Nexus 256 MbLink


Nah, bagaimana dengan flashdisk yang lain? karena saya tidak punya barangnya, silahkan coba sendiri dan bandingkan hasilnya. Software CrystalDiskMark 2.1 (freeware) dapat di download di sini.

Update Software CrystalDiskMark 3.0.1b Terbaru (release 6/28/2011) : download Cuma klik iklan dapat uang. Coba saja!


Share

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

Recent Readers

Top Blogs
Internet